Tuesday, March 21, 2006
Bekal untuk merawat si kecil (Tamat)




Sambungan .................
Membersihkan mata, hidung dan telinga ......
Selain mandi, masih ada "ritual" lainnya yang juga perlu perhatian, yaitu membersihkan mata, hidung dan telinga.
Mata
Gunakan kapas bulat yang sudah dibasahi dengan air matang. Cara membersihkannya, dari ujung luar mata ke arah hidung. Ganti kapas bila akan membersihkan mata yang lain.
Hidung
Gunakan kapas bertangkai, namun jangan masukkan kapas ke lubang hidung terlalu dalam
Telinga
Gunakan pula kapas bertangkai yang telah dicelupkan dalam baby oil. Bersihkan bagian daun telinganya saja, bukan lubang telinganya.
Membersihkan kelamin si buyung dan upik.
membersihkan kelamin bayi memang gampang2 susah. Jika si kecil buang air besar, siapkan dulu perlengkapannya. Yaitu air hangat dalam baskom, tisu atau kain lembut, kapas bulat, popok dan celana.
Caranya adalah sebagai berikut :
  • Buka popoknya, angkat kedua kaki bayi dengan sebelah tangan, sementara itu sebelah tangan satu lagi menarik dan menutup kotoran bayi dengan sebagian popok, untuk membatasi badan bayi dengan kotorannya. Bersihkan bekas kotooran bayi yang menempel di pantat dan sekitarnya dengan ujung2 popok yang bersih.
  • Selanjutnya, bersihkan dengan tisu atau kapas bulat yang telah dibasahi, baru singkirkan popok kotornya. Bersihkan bekas kotoran ke arah anus. Hal ini sangat penting pada bayi perempuan, agar vaginanya tida terinfeksi oleh kotoran. Khusus untuk bayi perempuan, bersihkan juga kelaminnya dengan cara mengucuri air dari atas ke bawah sampai bersih. Cara ini untuk menghindari kemungkinan iritasi bila menggunakan tisu atau kapas.
  • Jika kotoran bayi sudah terlanjur lengket, anda dapat membasuh bagian yang kotor itu dengan air, baru membersihkannya dengan kapas atau tisu. Keringkan pantat bayi dengan menekan-nekankan kain atau handuk lembut.
  • Anda boleh mengoleskan baby oil di bokong dan lipatan pahanya agar kulit bayi tetap kering, tidak lembab. Untuk bayi perempuan, jangan lupa membersihkan lipatan2 di sekitar kelaminnya, termasuk lipatan paha. Sementara untuk bayi laki2, agar tidak terjadi penyumbatan di ujung penisnya, anda dapat menarik ujung penis tersebut ke arah pangkao, lalu bersihkan dengan kapas basah. Kemudian, siram ujungnya dengan air dan dorong kembali ujung penis.

Cara mudah memakaikan baju.

Setelah si kecil bersih dan harum seusai mandi, anda tinggal memakaikan baju. Bagi orang tua baru, memakaikan baju memang tampaknya rumit. Untuk melakukannya anda bisa mengikuti langkah2 berikut:

Baju Bukaan depan

Masukkan tangan kanan bayi ke lubang lengan kanannya, angkat badan bayi dengan tangan kanan dan selipkan baju bayi dengan tangan kiri anda ke bagian belakang bayi, kemudian masukkkan tangan bayi ke lubang lengan kirinya.

Baju kaos tanpa kancing

Anda perlu meregangkan bagian leher baju dengan jari anda. Kemudian masukkan kepala bayi sampai ke leher. Setelah itu regangkan lengan baju kiri dengan jari anda, dan masukkan tangan kiri bayi ke ldalam lubang lengan itu dengan tangan kanan anda. Begitu juga dengan tangan kanannya.

Baju berlengan panjang.

Gulungkan lebih dahulu lengan bajunya, kemudian regangkan dan masukkan tangan bayi ke lubang lengan yang sudah diregangkan tersebut. Hati2 jangan sampai jari jemarinya yang mungil itu tersangkut bajunya.

Hmmmmmm Tamat Sudah dech ................ si baby siap diajak JJS .....

Labels:

1 Comments:

At 12:31 AM, Blogger Johanna said...

Aku boleh nanya ga ya? ... bagaimana cara menarik penis anak laki laki ya..., anak ku 6.5 bulan sejak 3 bulan kalo imunisasi ke dokter pasti dokternya bilang lubang pipis nya ga keliatan jadi sama dsa nya kulit penis nya ditarik kebawah baru keliatan dech lubang nya tapi kok aku ga bisa ya padahal terakhir ke dokter sudah diajarkan, tapi takut juga kalo harus ngelakuin sendiri, takut salah, aku juga pernah coba tapi ga berhasil.. tolong di bantu kasih aku masukan ya.. habis malu juga tiap bulan ke dokter sekalian minta ditarikin kulit penis nya... supaya lubang pipisnya ga mampet

 

Post a Comment

<< Home