Thursday, March 16, 2006
Bekal untuk merawat si kecil (Part 1)

Sumber : Ayah Bunda
Mandi, membersihkan kulit.
Persiapan
Sebelum mulai memandikan sebaiknya seluruh perlengkapan memandikan bayi sudah dipersiapkan dahulu.
  • Siapkan handuk, sabun dan shampo bayi di meja dekat tempat bayi akan dimandikan; termasuk kosmetika bayi seperti bedak, baby oil. Siapkan pula baju dan popok dalam keadaan siap dipakaikan.
  • Tuang air dingin ke dalam ember mandi, baru kemudian air panas. Suhu air mandi ideal untuk bayi sampai usia dua bulan adalah 40 derajat celcius. Setelah bayi berumur lebih dari dua bulan, suhu air dapat diturunkan sampai kira2 27 der cel. Pengukuran suhu air mandi dapat dilakukan dengan termometer atau siku lengan anda ( hmmmm maksudnya gimana ya ??)

Cara yang aman
Tahap2 yang perlu diperhatikan dalam memandikan bayi.

  • Mulailah memandikan dengan menyiram dan mengeramasi rambut bayi dengan sampo. Kemudian menyiram dan menyabuni tubuh, tangan dan kaki (termasuk lipatan leher, ketiak, paha serta kaki) sampai merata.Untuk memudahkan, pada bayi baru lahir, tahap2 ini bisa dilakukan di atas meja bayi. Ketika akan membilas, baru bayi diangkat dan dimasukkan ke dalam ember. Pembilasan ini juga bisa tetap dilakukan di atas meja, yaitu dengan menggunakan kain lap, terutama jika si kecil sedang demam. Tapi bila anda sudah cukup terampil dan berani, anda bisa melakukan itu semua langsung di ember mandi bayi.
  • Angkat bayi dengan cara meletakkan pergelangan kiri anda di belakan tengkuk bayi, kemudian pegang era2 lengan atas kiri baji (telunjuk di bawah ketiak), sementara tangan kanan anda memegang tubuhnya. Setelah tubuh bayi terendam air, tangan kanan anda dapat menyiramkan air dan membersihkan tubuh dan rambut bayi. Soal penggunaan tangan kanan atau kiri ini bergantung kebiasaan setiap orang.
  • Untuk membersihkan bagian punggungnya, balikkan tubuh bayi, carannya, pegang dada bayi dengan tangan kanan anda dan balikkan tubuhnya. Setelah itu, sangga badan bayi dengan lengan kiri anda dan pegang erat2 ketiaknya, sementara tangan kanan sudah bebas kembali untuk membersihkan tubuh bayi. Kemudian, angkat dan bungkus bayi dengan handuk. Keringkan tubuhnya dengan menekan-nekankan handuk , jangan menggosok keras handuk pada bagian lipatan2 paha, lutut, ketiak serta jari jemarinya yang mungil, karena bisa melukai kulit.

Hmmmmm panjang lebar gini ya ..... baru memandikan ...... next posting : Perawatan setelah mandi ....

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home