Thursday, March 16, 2006
Bekal untuk merawat si kecil (Part 2)
terusin ya ................
Perawatan setelah mandi.
Setelah tubuh bayi anda keringkan, untuk menghangatkan tubuhnya anda dapat mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih pada perut, punggung dan telapak tangan kaki bayi. Setelah itu, untuk menjaga kesegaran kulit bayi, berilah bedak pada dada, perut dan punggung bayi. Untuk meratakan bedak ke seluruh tubuh bayi, gunakan spons. Jangan sekali-kali menepuk-nepukkan bedak ketubuhnya, karena debu bedak akan terhisap oleh bayi. Selain itu, hindari pemakaian bedak di daerah sekitar kelamin. Hal ini untuk menghindari terkumpulnya gumpalan2 bedak yang dapat masuk ke dalam kelamin, terutama pada bayi perempuan. Gumpalan2 bedak juga bisa membuat iritasi pada daerah kelami.
Untuk mempertahankan kelembaban, oleskan baby oil atau baby lotioan pada daerah lipatan2 paha, pantat, tangan atau leher, hal ini bermanfaat untuk mempertahankan kelembaban kulit. Untuk kesegaran rambut, anda boleh memberikan hair baby lotion. Sedangkan untuk keharuman tubuh bayi, anda memberinya baby cologne.
Perawatan tali pusat.
Tali pusat yang belum lepas dan masih dibungkus oleh kain kasa, boleh saja kena air ketika anda memandikan atau membersihkan bagian tubuh lain bayi anda. Yang penting, jagalah selalu kebersihan tali pusat bayi agar tida mengalami infeksi.
Untuk itu sebaiknya bersihkan tali pusat yang belum lepas dua kali shari setelah madi. Begitu pula, segera ganti popok yang basa karena kencing, agar tidak sampai mengenai tali pusat.
Tanda2 infeksi tali pusat adalah bila daerah di sekitar tali pusat bengkak atau bernanah, dan si kecil mengalami demam. Anda juga perlu tahu bahwa lepasnya tali pusat pada setiap bayi tidak sama, antara 5-21 hari. Jadi anda tak perlu mengkhawatirkan tali pusat yang belum lepas, selama tidak memperlihatkan tanda-tanda infeksi.
Berikut adalah cara tepat untuk merawat tali pusat agar tidak terinfeksi:
  • Setelah mandi, bukalah kain kasa pembungkus tali pusat bayi dengan hati2 bersihkan sisi2 tepi tali pusat itu dengan mempergunakan cotton buds yang dibubuhi alkohol 70%. Hal in harus dilakukan secara cermat dan hati2, apalagi jika tali pusat bayi masih berwarna merah.
  • Rendam kain kasa steril ke dalam alkohol 70% dan gunakan sebagai pembungkus tali pusat. Lilit kain kasa pada tali pusat, namun jangan sampai terlalu ketat karena akan menyakiti bayi. Lalu lipat kain kasa ke arah atas dan tempelkan dengan plester khusus untuk bayi.

Next...... Membersihkan mata, hidung, telinga ......................


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home