Wednesday, January 02, 2008
Selamat Jalan Uyut .......
Waktu kita ke Garut Idul Adha kemarin kondisi "uyut" memang sudah lemah ..... beliau sudah tidak mau makan kata nenek kira2 dah 2 minggu ..... tapi meskipun sudah lemah begitu kalo mau buang air maunya ke kamar mandi ...... meskipun sakitnya sudah parah begitu uyut tetep maunya bersiiiih ....

Waktu tanggal 23 Dec .... tiba2 uyut manggil ibu dengan mengawai2kan tangannya ... trus ibu mendekat .... uyut trus salaman ..... trus beliau bertutur .... "Sudah kumpul semua ??" ibu jawab "Siapa Mih ?? (kita manggil uyut ikut nenek Mamih..) kita khan cuma segini2 aja dirumah .... emang mamih tunggu siapa?" ..... beliau jawab .... "Ya udah gpp mungkin pada jauh ya ..... mamih mau pesan ... kalian sesama saudara harus akrab gak boleh tercerai berai ... meskipun sekarang jarak berjauhan tapi harus selalu ingat nanti kita akan kembali ke satu tempat yang sama dan kita akan berkumpul lagi" .... deeeg perasaan ibu saat itu gak enak ..... kok uyut pesennya kek gini ....... ibu jawab aja ... "Ya mih ...... trus sekarang mamih mau apa ? khan biasanya kalau sakit suka kepengen apaa gitu ....?" .... uyut jawab .... "ya ... biasanya mamih kalo sakit pengen kupat tahu .... tapi sekarang mah nggak maunya air putih aja buat ngebersihin ....." ... deeeg ibu kaget lagi dengan jawaban uyut ...... "O ya udah atuh tapi minumnya yang banyak ya Mih ......" .... dan beliau mengangguk ..... trus tangan beliau "rumpu rampa" kayak cari sesuatu ... ibu tanya "Mamih cari apa ?" ... beliau bilang ..."Tasbih ..." ... " Oooh ini di dada mamih ... ibu jawab ..... ya Mih jangan lupa dzikir yang banyak ya biar diberi kekuatan sama Allah ....." trus uyut jawab .. "Insha Allah kalau yang ini mamih gak akan lupa yang ini akan terus ada dihati ....." Amiiien ......... "Ya udah sekarang mamih istirahat ya .. " dan beliau pun mengangguk ....

Setelah percakapan itu ibu bilang ke nenek ... kok ngobrol sama uyut begini ya ... apa ini tanda2 ....? .... boleh nggak ibu telp sodara2 untuk memberitahukan hal ini .... dan akhirnya nenek menyetujui .... ibu telp-nin semua keluarga terutama sodara ibu sekandung ... dan sepupu2 ibu .....

Tanggal 24 ibu pulang ..... dan saat pamitan sama uyut ibu peluk dan cium uyut berkali-kali begitu juga beliau sambil gak tahan air mata keluar ...... seperti pelukan terakhir saja ...... "mamih yang kuat ya .... nanti tanggal 5 saya balik lagi jemput fanny ...." ..... beliau mengangguk ....

Hari demi hari ibu telp terus ke Garut tanya kondisi uyut .... dan ternyata .... semakin menurun kita pun pasrah dan mendo'akan semoga Allah memberikan yang terbaik buat beliau.

Hari Jumat ibu pulang dari Centro bareng temen2 ibu .... waktu makan siang kok tiba2 pengen telp ke Garut ...... begitu ibu telp +/- jam 2 siang .... mang fiki adek ibu bilang ...uyut dying ... astaghfirullah ...... langsung ibu gak mau kehilangan moment2 saat uyut meregang nyawa ibu minta sama adik ibu untuk mendekatkan hp nya deket uyut .... dan ibupun dapat mendengar gimana uyut mengikuti kakek, nenek, kakak ibu dan adek ibu yang sedang menuntunnya mengucapkan "Allah .... Allah ......" sesak rasanya dada ibu ..... mendengar suara uyut yang patah2 dan seperti kesakitan ..... temen ibu mbak Nin ngingetin ibu untuk shalat sunnah agar unyut dimudahkan dalam kepulangannya ...... dan telp pun ibu tutup sementara ... ibu shalat dalam kondisi tangis yang tak terbendung ........ ibu mohon semoga Allah memberikan kemudahan dan mengampuni segala kesalahan uyut ....... ploooong rasanya setelah shalat itu dada ibu gak sesak lagi .... pasrah .... ya kita semua dah pasrah dan ikhlas .....

Sore itu ibu masih memantau kondisi uyut lewat HP ..... sempet juga ibu telp adik ibu kebetulan dia gak sempet ke Garut waktu liburan dan dia lagi di RS karena sakit .... dia juga sempet bicara sama uyut untuk minta maaf dan mengikhlaskan uyut ..........

Sampai di rumah ibu gak semangat ..... telp bunyi ternyata dari adeknya kakek yang nanyain kabar2 dari Garut ... ibu juga menceritakan kejadian tadi sepanjang siang ... beliau bilang ya udah kita ngaji yasiin aja yuuk biar beliau dimudahkan jalannya ..... ya .....

Saat waktu jam 8.12 malem ... ibu dapet telp "Uyut dah pergi ...." ..... "Innalillahi ........" hanya itu yang keluar dari mulut ibu .... tak ada lagi tangis ... karena kita dah pasrah dan ikhlas ....... malam itu juga kita putuskan untuk balik ke Garut ......

Subhannallah ....... Uyut ... jenazahnya ... rapiiiiih ..... dengan senyumnya dia menghadap Yang Khaliq ........

Selamat jalan Uyut ..... Insha Allah nanti kita bertemu lagi seperti kata uyut kemaren ..... Amiin ...

Labels:

5 Comments:

At 9:50 PM, Anonymous devina said...

turut berduka cita ya...tulisannya bagus...

 
At 10:25 PM, Blogger Roro said...

innalilai, semoga amal ibadah uut diterima di sisiNya.

fie... ikut sedih bacanya, hik... hik...

 
At 11:50 AM, Blogger Bunda said...

Semoga diampuni dosa2nya dan diterima amal ibadahnya, selamat jalan uyut ...

*hugs*

 
At 1:36 PM, Blogger Ica Dimyati said...

teh sing ditampi amal ibadah n iman islamnya ya

ikut sedih jg :(

 
At 3:50 PM, Blogger Fie said...

Tks buat devina, Roro, Teh Juju n Ica .... Tks banget do'anya .... Amiin ...

 

Post a Comment

<< Home